kenali penyakit disuria

disuria

Disuria adalah perasaan nyeri, terbakar, atau rasa tidak nyaman saat buang air kecil. Meskipun disuria sering menunjukkan adanya infeksi saluran kemih (ISK), dapat memiliki berbagai penyebab. Disuria harus selalu memicu kunjungan ke perawatan kesehatan profesional untuk evaluasi dan diagnosis.

Disuria adalah umum, akuntansi untuk persentase yang signifikan dari kunjungan ke dokter perawatan primer. Gejala terjadi lebih umum pada wanita, terutama pada wanita muda dan orang-orang yang aktif secara seksual. Sebagian besar waktu, disuria akan disebabkan oleh infeksi saluran kemih sederhana, namun evaluasi lengkap oleh seorang profesional perawatan kesehatan yang diperlukan untuk diagnosa yang tepat, terutama jika gejala terulang kembali maka Anda perlu menggunakan obat sakit saat kencing

Penyebab disuria

Infeksi saluran kemih (uretra, kandung kemih, atau ginjal) adalah penyebab paling umum dari disuria. Jenis yang paling umum dari infeksi sistitis (infeksi kandung kemih), pielonefritis (infeksi ginjal), prostatitis (infeksi prostat), dan uretritis (radang tabung, uretra, yang mengalir kandung kemih ke luar tubuh). Penyakit menular seksual juga dapat menghasilkan gejala disuria.

Penyebab lain disuria termasuk:

Trauma: cedera lokal atau iritasi karena pemasangan kateter atau kontak seksual
Anatomi penghalang / malformasi: obstruksi karena pembesaran prostat atau striktur uretra
Nyeri karena lesi eksternal pada alat kelamin: Urine menyentuh lesi menyebabkan nyeri
iritasi eksternal atau reaksi: sering douching atau aplikasi menjengkelkan / produk alergi
Hormonal: efek menopause, seperti kekeringan vagina
kondisi neurologis: kondisi saraf yang menyebabkan kesulitan dengan mengosongkan kandung kemih
Kanker: uretra, kandung kemih, prostat, vagina / vulva, atau kanker penis
kondisi medis: diabetes mellitus dan kondisi kronis lainnya yang menekan sistem kekebalan tubuh

Diagnosa

profesional perawatan kesehatan Anda pertama akan mengulas sejarah Anda, yang akan mencakup pertanyaan tentang kesehatan Anda secara keseluruhan dan episode sebelumnya disuria. Informasi tentang frekuensi buang air kecil dan sejarah seksual dan sosial akan sering disertakan. Luasnya pemeriksaan fisik akan tergantung sampai batas tertentu pada informasi sejarah. Pemeriksaan biasanya akan mencakup pemeriksaan perut dan sering pemeriksaan genitalia eksternal dan pemeriksaan ginekologi bagi wanita.

Sampel urine akan diperoleh. Di kantor, tes dipstick urin sering dapat dilakukan dan memberikan petunjuk lebih lanjut untuk penyebab disuria tersebut. tes dipstick ini dapat menunjukkan adanya bakteri dan darah (baik umum pada pasien dengan infeksi saluran kemih). Sampel kemudian dikirim ke laboratorium di mana ia diperiksa di bawah mikroskop (untuk mengkonfirmasi adanya darah atau sel darah putih). Budaya urin dilakukan untuk melihat apakah bakteri tumbuh (baik mengkonfirmasikan infeksi bakteri serta mengidentifikasi bakteri yang tepat menyebabkan infeksi).